Pemkab Barito Utara Launching Penyaluran Bantuan Cadangan Pangan Pemerintah 2024

Muara Teweh. Manuntungnews.com Pemerintah kabupaten Barito Utara melalui Dinas Ketahanan Pangan Dan Perikananan Kabupaten Barito Utara, melaksanakan Launching Penyaluran Bantuan Pangan Cadangan Pangan Pemerintah 2024, yang dilaksanakan di Halaman Gudang Bulog Muara Teweh, Rabu (31/1/2024).

Pada kesempatan ini penjabat Bupati Barito Utara Drs. Muhlis hadir dan sekaligus secara resmi menyalurkan Bantuan Pangan Cadangan Pangan Pemerintah 2024, dengan didampingi unsur FKPD, Asisten Setda, Kepala Perangkat Daerah, Camat Teweh Tengah dan Lurah serta turut hadir juga Kepala Bulog Sub Divre Muara Teweh, Perwakilan Kantor Pos dan undangan terkait Lainnya.

Pj. Bupati Barito Utara Drs. Muhlis dalam sambutannya menyampaikan bahwa pangan merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia yang paling utama dan harus tersedia secara cukup.

Pj Bupati menghimbau masyarakat, tidak hanya petani harus memulai menanam di lingkungan rumah, lingkungan tempat kerja dan harus kita gaungkan sampai seluruh masyarakat kita ubah mindset bertani atau bercocok tanam tidak harus di ladang, persawahaan, melainkan dengan memanfaatkan area pekarangan rumah dengan sistem hidroponik, maka melalui kesempatan ini saya meminta kepada dinas terkait untuk terus bersinergi dan berkolaborasi untuk membuat perencanaan strategis sehingga ketahanan pangan di kabupaten Barito Utara dapat kita atasi apabila stock cadangan kita aman.

“Saya berharap semoga dengan adanya penyaluran bantuan cadangan pangan pemerintah di kabupaten Barito Utara ini dapat meringankan beban hidup masyarakat dan membantu penerima manfaat yang merupakan Pemerlu Kesejahteraan Sosial (PPKS) hal ini dapat dilakukan secara akuntabel, efektif dan efesien serta tepat sasaran sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” tutup Drs  Muhlis.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan H. Siswandoyo dalam laporannya menyampaikan bahwa tujuan dilaksanakannya penyaluran bantuan pangan CPP Tahun 2024 adalah membantu percepatan penghapusan kemiskinan ekstrim, mengendalikan inflasi dalam rangka stabilisasi pasokan harga pangan dan mengatasi kerawanan pangan dan gizi.

Lebih lanjut dilaporkan bahwa penyaluran bantuan pangan CPP ini akan disalurkan kesembilan kecamatan, desa/kelurahan se kabupaten Barito Utara dengan 2 tahap yaitu tahap satu (Januari-Maret) dan tahap 2 (April-Juni) dengan alokasi sebanyak 10Kg/bulan/Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dengan total KPM sebanyak 4.795 orang.

Diakhir kegiatan dilaksanakan penyerahan secara simbolis bantuan pangan oleh Pj. Bupati Drs. Muhlis kepada keluarga peneriman manfaat sekaligus melepas iringan transportasi bantuan cadangan pangan pemerintah tahun 2024.

(Alie/Kmf)

Show More
Back to top button